Lokakarya Program Pendidikan Guru Penggerak

Bertempat di UPTD SMPN 7 Sinjai sabtu 22 Oktober 2022 Calon Guru Penggerak (CGP) mengikuti lokarya 1. Dipasilitasi oleh Dinas Pendidikan kabupaten Sinjai dan Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Sulawesi Selatan. Dengan tema “Bergerak Untuk Merdeka Belajar”. Para CGP bersama pendamping mereka mengikuti acara yang terjadwal mulai pukul 8.00 hingga 16.00 Wita. Peserta mulai jenjang SD, SMP dan SMA, dihadiri pengajar praktik sebagai narasumber, pengawas dan pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai.

Tujuan

Kegiatan tersebut merupakan salah satu tahapan dalam Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP). Dilaksanakan dengan cara memberikan pendampingan bagi Calon Guru Penggerak secara berkelompok yang dikemas dalam kegiatan lokakarya.

Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) merupakan kegiatan pengembangan profesi. Melalui pelatihan dan pendampingan yang berfokus pada kepemimpinan pembelajaran. Dengan maksud mampu mendorong tumbuh kembang peserta didik secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Profil pelajar Pancasila adalah peserta didik yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, kreatif, gotong royong, berkebhinekaan global, bernalar kritis, dan mandiri.

Tujuan belajar yang ingin dicapai pada kegiatan ini antara lain:

  1. Calon Guru Penggerak mampu memahami pentingnya mengembangkan diri
  2. Calon Guru Penggerak mampu menjelaskan penerapan kompetensi Guru Penggerak dalam menjalankan peran sebagai pemimpin pembelajaran
  3. Calon Guru Penggerak mampu mengidentifikasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak
  4. Calon Guru Penggerak mampu menjelaskan rencana pengembangan diri

Indikator Keberhasilan

Adapun indikator keberhasilan yaitu :

  1. Calon Guru Penggerak dapat melakukan identifikasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak
  2. Calon Guru Penggerak dapat membuat rencana pengembangan diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak

Monitoring dan evaluasi juga akan dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa (PPPPTK TK & LB) pada kegiatan tersebut untuk mendapatkan gambaran pelaksanaan PGP sekaligus bahan evaluasi pelaksanaannya.

Harapan

Diharapkan pelaksanaan Lokakarya Orientasi pada Angkatan 7 ini dapat berjalan dengan lancar dan merupakan langkah awal bagi para peserta untuk memupuk rasa semangat dan antusiasmenya dalam mengolah kemampuan dan keterampilan yang dimiliki sebagai Guru Penggerak pembawa perubahan pendidikan serta masa depan bangsa dan negara.

Sumber : Channel Inspirasi Pendidikan

Recommended For You

About the Author: SudutEdukasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *