Sejarah Singkat Pembelajaran Jarak Jauh

Pembelajaran jarak jauh bukanlah fenomena modern. Cara ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1728 ketika Caleb Phillips, seorang guru di Boston, Massachusetts. Menawarkan pelajaran shortland kepada siswa melalui pelajaran yang dikirim setiap minggu. Pada awal 1840-an, jauh sebelum munculnya Internet, Isaac Pitman, seorang pendidik Inggris, juga mengajar steno melalui kursus korespondensi. Pembelajaran jarak jauh dan pendidikan memiliki sejarah panjang. Tetapi popularitasnya meningkat seratus kali lipat karena teknologi dan media komunikasi yang lebih maju tersedia pada akhir abad kedua puluh.

Pendidikan jarak jauh pertama kali diadakan pada tahun 1930-an, dengan lebih dari 25 dewan pendidikan negara bagian, 200 sistem sekolah. Dan beberapa perguruan tinggi dan universitas di Amerika Serikat yang menawarkan program pendidikan yang disiarkan melalui radio publik. Namun di awal 2000-an ketika internet mulai berkembang menyebabkan ketersediaan dan popularitas program pembelajaran jarak jauh meroket. Komputer dan internet membuat pembelajaran jarak jauh lebih cepat, lebih mudah, dan jauh lebih nyaman.

Saat ini, pendaftaran dalam program pendidikan jarak jauh di setiap tingkat pendidikan adalah hal yang biasa. Institusi pendidikan menengah, pasca sekolah menengah dan tinggi swasta, publik, nirlaba, termasuk sekolah menengah, perguruan tinggi dan universitas. Sekarang menawarkan program pendidikan jarak jauh di hampir semua bidang studi dapat ditayangkan. Dari keaksaraan dasar hingga program doktoral, kursus pendidikan jarak jauh tersedia di setiap tingkat pengajaran.
Internet

Peluncuran Pertama

Sementara program pendidikan jarak jauh ditawarkan melalui berbagai macam media komunikasi, pendidikan online, melalui Internet, sekarang menjadi hal yang biasa. Pada tahun 1996, Jones International University adalah institusi pendidikan tinggi pertama yang meluncurkan program gelar terakreditasi secara online. Pada tahun-tahun berikutnya, sebagian besar perguruan tinggi dan universitas besar dengan cepat mengikutinya. Institusi pendidikan tinggi terkemuka seperti Universitas Harvard dan Stanford sekarang menawarkan program pembelajaran jarak jauh untuk mahasiswa mereka sepenuhnya secara online. Menurut sebuah survei, yang dilakukan oleh Babson Survey Research Group , pada tahun 2016 pendaftaran pendidikan jarak jauh meningkat selama empat belas tahun berturut-turut. 31,6% dari semua siswa mengambil setidaknya satu kursus jarak jauh.

Meskipun universitas nirlaba telah menjadi yang tercepat untuk mengadopsi dan mengeksploitasi teknologi Internet untuk menawarkan gelar online kepada calon mahasiswa, mayoritas perguruan tinggi negeri sekarang menawarkan program akademik mereka sepenuhnya secara online juga. Bidang studi umum yang ditempuh secara online termasuk, tetapi tidak terbatas pada, program dalam bisnis, psikologi, peradilan pidana, ilmu kesehatan, ilmu komputer, desain, dan seni liberal.

Pembelajaran jarak jauh dengan cepat diadopsi sebagai metode pelatihan dan pendidikan pilihan di antara para profesional yang sibuk bekerja. Program pembelajaran jarak jauh online menawarkan cara yang paling terjangkau dan nyaman untuk mendapatkan gelar, meningkatkan keterampilan dan mengejar pendidikan tinggi.

Teknologi

Ada dua mode penyampaian untuk teknologi pendidikan jarak jauh: yaitu pembelajaran sinkron dan pembelajaran asinkron .
Dalam pembelajaran sinkron, semua peserta didik berpartisipasi dalam waktu yang sama. Sebuah kelas tradisional adalah contoh dari pengalaman belajar sinkron, di mana siswa berpartisipasi dalam pembelajaran dan kuliah kelas. Sehubungan dengan pendidikan jarak jauh, metode pembelajaran sinkron meliputi konferensi video, konferensi web, televisi pendidikan, radio internet, satelit siaran langsung (DBS), video streaming langsung, VoIP berbasis web, dan bahkan telepon. Banyak program perangkat lunak modern, seperti Adobe Connect, zoom, teams dapat memfasilitasi pembelajaran jarak jauh yang sinkron.

Pembelajaran jarak jauh asinkron jauh lebih fleksibel daripada pembelajaran sinkron. Siswa dapat mengakses materi pelajaran kapan pun mereka mau, dari mana pun mereka mau – dan tidak perlu bersama siswa lain selama proses . Bentuk tertua dari teknologi pembelajaran jarak jauh asinkron adalah korespondensi surat, yang telah digunakan selama lebih dari satu abad. Saat ini email, rekaman video dan audio, papan pesan, materi cetak, faks, dan streaming video melalui Internet memfasilitasi pembelajaran jarak jauh yang tidak sinkron. Pendidikan jarak jauh asinkron adalah mode pilihan bagi sebagian besar perguruan tinggi dan universitas online yang ingin memberikan pengalaman belajar jarak jauh yang paling fleksibel dan nyaman bagi siswa mereka. Namun, banyak institusi pendidikan tinggi memadukan pembelajaran asinkron dengan sinkron.

Recommended For You

About the Author: SudutEdukasi

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *